CARA Upgrade WordPress Automatically

Upgrade WordPress Automatically

Upgrade wordpress ternyata susah-susah gampang, apalagi kalo hosting blog yang anda tempati tidak mensupport otomatis upgrade melalu control panel hostingnya, ya semacam fantastico gitu.. kan disono kita bisa langsung upgrade otomatis tanpa perlu repot-repot macem-macem. Nah hal itu juga dijumpai di hosting blog tumpangan saya ini yang kalo mo upgrade merepotkan sekale.

so ngga ada yang namanya fantastico yang bisa mengupgrade otomatis wordpress anda. Namun sebenarnya di wordpress sendiri sudah menyediakan menu upgrade otomatis, tapi sayangnya tidak semua hosting mendukung upgrade otomatis itu. Saya sendiri sudah pernah mencoba menu tersebut walaupun sampai sekarnag masih belum berhasil. hehehe.

wp-upgrade-automatic

Tempatnya di Tools -> Upgrade dan akan keluar halaman seperti gambar diatas. Nah untuk upgrade otomatis, anda tinggal klik button Upgrade Automatically. Jangan lupa untuk membackup file dan database anda sebelumnya.

Seperti yang saya bilang barusan, permasalahn upgrade otomatis ini adalah terjadinya error seperti berikut:

Downloading update from http://wordpress.org/wordpress-2.7.1.zip

Download failed.: Operation timed out after 30000 milliseconds with 351500 bytes received

Installation Failed

Nah jika anda mengalami masalah seperti diatas, sebenarnya ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menambah waktu timeout script php wordpress anda. Letaknya di file.php yang terdapat di direktori hosting anda di:

/wp-admin/includes/file.php

download file.php cari line dgn tulisan seperti berikut:

$response = wp_remote_get($url, array(’timeout’ => 30));

ganti angka 30 dengan angka yang lebih gedhe. anggap saja ganti ke 120 seperti berikut:

$response = wp_remote_get($url, array(’timeout’ => 120));

Setelah disave, upload ulang file.php ke tempat aslinya dan replace file lama dgn file yang barusan dimodifikasi. Nah setelah selesai, ulangi proses upgrade anda dari awal. untuk mengganti konfigurasi timeout, bisa juga memakai plugin WordPress/Plugin Upgrade Time Out Plugin yang bisa didownload disini.

Sebenarnya permasalah tidak hanya sampai disini. Saya mengalami masalah baru berupa pesan seperti berikut:

Downloading update from http://wordpress.org/wordpress-2.8.zip

Unpacking the core update

Could not copy file: /public_html/wp-content/upgrade/core/wordpress/wp-comments-post.php

Installation Failed

Untuk mengatasi masalah diatas, anda bisa set chmod 777 utk directory dan 666 utk filenya.. trus coba jalankan kembali wordpress upgrade corenya. Setelah selesai jgn lupa ganti kembali chmodnya 755 utk direktori dan 644 utk filenya. Hasil suksesnya seperti ini:

Downloading update from http://wordpress.org/wordpress-2.8.1.zip.

Unpacking the update.

Verifying the unpacked files

Installing the latest version

Upgrading database

WordPress upgraded successfully

Ada cara laen sebenarnya untuk upgrade wordpress yaitu memakai plugin WordPress Automatic upgrade yang bisa di download disini. Nah permasalahannya upgrade melalui plugin ini juga terbilang sedikit repot, terutama bagi anda yang masih baru belajar wordpress. sama seperti upgrade melalui wordpress core, kita juga harus direpotkan dengan mensetting chmod direktori dan file. Tapi kalo yang ini, kita dikasih unjuk file dan direktori apa yang perlu dichmod (ada dokumentasinya di urlnya), tapi ya pake bahasa inggris. Yang ngga jago inggris ya agak kerepotan juga. saya pernah memakainya ketika upgrade dari 2.6 ke 2.7 heheh.

Nah kalo semuanya udah mentok, wordpress menganjurkan untuk mengupgradenya secara manual melalui ftp. cara pengupgradeannya bisa dibaca disini. lagi-lagi masih berbahasa inggris, saya ngga tau versi indonesianya sudah ada apa belum.

Kalaupun cara terakhir mentok, cara pamungkasnya adalah menghubungi pihak hosting anda atau minta tolong temen anda yang ahli dan paham dengan hal tersebut diatas. So.. jangan menyerah ya.. upgrade memang harus tetep jalan, daripada ntar wordpress lama anda ternyata banyak bug yang malah nantinya dipake para cracker untuk mengobok-obok blog kita. Selamat mengupgrade wordpress anda.🙂

Popularity: 9% [?]
upgrade wordpress automatically, cara upgrade otomatis wordpress, update wordpress automatically, cara upgarde wordpress, cara upgrade wordpress otomatis, rss error: wp http error: operation timed out, upgrade, cara mengatasi unpacked download pada firefox, could not copy file: /wp-content/upgrade/core/wordpress/wp-comments-post php, feed wp http error: name lookup timed out, merubah time out firefox, , update blog otomatis, upgrade wordpress otomatis, why could not copy file /public_html/wp-content, wp http error: windows 2008 iis7, , /wp-content/upgrade, 0, auto update blog post, automatic update wordpress, automatic upgrade wordpress manual error failed, automatically copy file, cara ganti ke wordpress 2 8 1, cara install plugin automatically wordpress, cara memakai plugin automatic update wordpress, cara mematikan auto update wordpress, cara mematikan upgrade, cara mengatasi gagal instal pluggin, cara mengatasi gagal upgrade wordpress, cara mengatasi gagal upload tema wordpress unpacking the package, cara mengatasi gagal upload theme wordpress, cara mengatasi instal wordpress gagal, cara mengatasi masalah wordpress, cara mengatasi unpacking file, cara mensetting chmod wordpress, cara merubah directory 755, cara setting chmod di wordpress, cara update otomatis wordpress, cara update wordpress automaticlly, cara update wordpress otomatis di hosting, cara update wordpress otomatis wp admin, cara update wp otomatis, cara upgeade otomatis wp, cara upgrade automaticcaly wordpress, cara upgrade blog ke hosting, cara upgrade core wordpress, cara upgrade plugin di wordpress hosting sendiri, cara upgrade wordpress atomatis, cara upgrade wordpress automatically
Related posts

* Cara Menonaktifkan Auto Save dan Revision di WordPress (3)
* Upgrade lagi.. upgarde lagi… (3)
* Database Restore Done! (0)
* Cara Menonaktifkan Smart Quotes di WordPress (1)
* WordPress 2.7 Coltrane is Available!! (1)
* WordPress 2.6.2 is Now Available (4)
* Upgrade ke WordPress 2.7 (1)
* Update WordPress 2.6.5 Security Fix (2)
* Tips Membackup Postingan Blogger – Blogspot (2)
* Mencoba Plugin Multilingual WordPress (2)

Tags: backup, belajar, blog, database, download, error, hosting, manual, otomatis, plugin, update, upgrade, wordpress

BY:makhrus.jagakarsa.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: